Dalam Kitab Tafsir Al-Jalalain Jelaskan Penafsiran dari Surat Yunus Ayat 40-41


Surat Yunus adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang mengandung banyak pelajaran dan hikmah bagi umat manusia. Ayat 40-41 dari surat ini secara khusus membahas tentang kekuatan dan kebesaran Allah SWT serta akibat bagi orang-orang yang mengingkari-Nya. Dalam Kitab Tafsir Al-Jalalain, kedua ayat ini dijelaskan dengan tajam dan mendalam.

Ayat 40:

"Telah diungkapkan oleh Tuhanmu kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di gunung-gunung, di pepohonan dan di tempat-tempat yang dibangun manusia."

Penafsiran dari Kitab Tafsir Al-Jalalain menjelaskan bahwa ayat ini mengandung petunjuk tentang kebijaksanaan Allah SWT dalam menciptakan makhluk-makhluk-Nya. Lebah, meskipun merupakan makhluk yang kecil, diberikan kemampuan untuk membuat sarang-sarangnya dengan keahlian yang luar biasa. Mereka membangun sarang mereka di berbagai tempat, termasuk di gunung-gunung, pepohonan, dan struktur yang dibangun oleh manusia. Hal ini menunjukkan keajaiban ciptaan Allah dan kearifan-Nya dalam memberikan petunjuk kepada makhluk-makhluk-Nya.

Ayat 41:

"Kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan, dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).’ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Tafsir Al-Jalalain menjelaskan bahwa ayat ini menunjukkan kepada manusia tentang nikmat yang diberikan Allah melalui hasil kerja lebah, yaitu madu. Madu, yang berasal dari perut lebah, memiliki berbagai macam warna dan rasa yang bervariasi. Lebah mengumpulkan nektar dari berbagai bunga dan mengubahnya menjadi madu yang merupakan sumber gizi dan obat yang sangat bermanfaat bagi manusia. Di sini, Allah SWT menunjukkan kebesaran-Nya dan kasih sayang-Nya kepada manusia dengan memberikan nikmat yang melimpah melalui makhluk-makhluk-Nya.

Dari penafsiran ayat-ayat tersebut dalam Kitab Tafsir Al-Jalalain, kita dapat memahami betapa besar kebijaksanaan, kekuatan, dan kebaikan Allah SWT dalam ciptaan-Nya. Manusia diajak untuk merenungi tanda-tanda kebesaran Allah yang termanifestasikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam kehidupan lebah dan nikmat madu yang mereka hasilkan.

Tag : Surat Yunus
0 Komentar untuk "Dalam Kitab Tafsir Al-Jalalain Jelaskan Penafsiran dari Surat Yunus Ayat 40-41"

Back To Top